Jumat, 17 Agustus 2012

2 Inspire U




 “Kesempurnaan tubuh dan kemudahan bukanlah jaminan untuk sukses. Sebaliknya, cacat tubuh atau kekurangan juga bukan halangan untuk sukses. Berhasil tidaknya seseorang dalam hidupnya ditentukan oleh motivasi.” Demikianlah perkataan salah seorang motivator yang saya yakini kebenarannya. Kualitas ataupun kesuksesan tidaklah ditentukan dari faktor luar dari diri kita, entah itu keadaan fisik tubuh kita, penampilan diri, dll. melainkan sangat ditentukan oleh faktor internal dalam diri kita, seperti keyakinan diri, mentalitas diri, motivasi kita, keberanian kita dsb.
Buku 2 Inspire U (baca: to inspire you) menawarkan pada kita untuk menggunakan motivasi kita untuk mendapatkan kualitas diri yang baik. Sadar atau tidak kita sebagai manusia memiliki kekuatan yang besar dalam diri kita, yakni motivasi. Sayang, kadangkala kita kebanyakan masih berada dalam tataran belum sadar bahwa kita memiliki kekuatan yang dahsyat itu. Kadang kita menilai diri terlalu lemah dibandingkan orang-orang yang memiliki bakat, talenta yang menonjol daripada kita. Kita sering memandang kualitas diri dengan pokok penilaian dari yang tampak dari mata. Dengan kata lain, penilaian kualitas diri sering berdasar hal-hal fisiknya, entah kemampuan bermusik, keahlian dalam olah raga, ketrampilan berbicara di depan umum, dll. Sebenarnya penilaian seperti ini belumlah dapat dikatakan sepenuhnya benar. Mengapa? karena kualitas diri itu tidak selalu tampak dari luar karena kualitas diri itu bersumber dari dalam diri. Seperti apakah dalam diri kitalah yang lebih menentukan kualitas diri kita. Ketekunan, kesetiaan, semangat rela berkorban, kemandirian, kepekaan adalah contoh-contoh kualitas diri yang tidak tampak dilihat dengan mata namun dapat dirasakan. Sekali lagi, kualitas diri tidaklah selalu bisa diukur dengan kemampuan luaran (fisik) kita namun berasal dari dalam diri yang efeknya akan nampak dalam hidup keseharian kita.
Lalu bagaimana kita memulai membentuk kualitas diri yang baik seperti itu? salah satu cara yang ditawarkan oleh buku 2 Inspire U adalah memulainya dengan motivasi kita. Dalam usaha membentuk kualitas diri yang baik sangat ditentukan oleh motivasi. Motivasi adalah daya penggerak diri yang memampukan kita meraih apa yang kita inginkan. Motivasi melebihi kemampuan fisik kita. Daya yang dikeluarkan oleh motivasi itu begitu besar sehingga apapun yang kelihatannya mustahil dapat dilakukan akan terlaksana jika motivasi kita sudah bulat. Hanya yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai motivasi yang kita gunakan melenceng dari tujuan karena bisa saja berbuat sesuatu karena motivasi yang semu. Motivasi semu adalah motivasi yang tidak mendukung perkembangan diri dan cenderung menjauhkan diri dari kualitas diri yang baik. Untuk dapat menilai apakah motivasi kita sudah sesuai dengan tujuan kebaikan kita atau belum adalah dengan melihat efek nyata dari motivasi itu, yakni apakah kita semakin berkembang atau sebaliknya, malah membuat diri kita jauh dari tujuan semula.
Sebagai penutup ringkasan buku ini, saya akan mengambil benang merahnya. Kualitas diri tidaklah ditentukan oleh kemampuan fisik kita, melainkan dari dalam diri kita. Memang kemampuan dalam diri kita tidak dapat dilihat secara mata namun dapat dilihat dari kehidupan keseharian kita. Apa yang ada di dalam akan memancar keluar melalui sikap dan tindakan kita setiap harinya. Dan untuk membentuk kualitas diri yang baik adalah memulainya dari motivasi kita melakukan usaha pengembangan diri. So, pemilihan motivasi adalah hal yang sepele namun efeknya besar bagi kualitas diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar